Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian, akhlak mulia, dan keimanan peserta didik. Saat ini, peserta didik dihadapkan pada arus informasi yang sangat cepat dan berbagai tantangan moral yang kompleks. Di sinilah pentingnya PAI sebagai benteng dalam menanamkan nilai-nilai tauhid, kejujuran, toleransi, dan tanggung jawab sosial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran mata Pelajaran PAI, masih ada siswa yang malas dalam mengikuti pelajaran di kelas tidak peduli terhadap pelajaran yang diajarkan khususnya PAI dan mengakibatkan nilai dari sebagaian besar siswa masih di bawah KKM.. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PAI dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP Darussalam Plus Tanak Beak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Darussalam Plus Tanak Beak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 10 siswa, yang terdiri dari 3 perempuan dan 7 laki-laki.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar hasil tes kegiatan kelompok, tes individu dan hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan serta penyajian data. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI siswa dari 40% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Dimana hal tersebut berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa.
Copyrights © 2024