REFORM : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN BUDAYA
Vol. 7 No. 02 (2024): REFORM : Jurnal Pendidikan, Sosial, & Budaya

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif TPS pada Siswa Kelas VIII SMP Darussalam Plus Tanak Beak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022 / 2023

Nurhidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian, akhlak mulia, dan keimanan peserta didik. Saat ini, peserta didik dihadapkan pada arus informasi yang sangat cepat dan berbagai tantangan moral yang kompleks. Di sinilah pentingnya PAI sebagai benteng dalam menanamkan nilai-nilai tauhid, kejujuran, toleransi, dan tanggung jawab sosial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran mata Pelajaran PAI, masih ada siswa yang malas dalam mengikuti pelajaran di kelas tidak peduli terhadap pelajaran yang diajarkan khususnya PAI dan mengakibatkan nilai dari sebagaian besar siswa masih di bawah KKM.. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PAI dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP Darussalam Plus Tanak Beak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Darussalam Plus Tanak Beak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 10 siswa, yang terdiri dari 3 perempuan dan 7 laki-laki.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar hasil tes kegiatan kelompok, tes individu dan hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan serta penyajian  data. Hasil penelitian  menujukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI siswa dari 40% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Dimana hal tersebut berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

reform

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah REFORM diterbitkan oleh HAMJAH DIHA FOUNDATION, merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pemikiran kirtis (kajian) dan penelitian di bidang Pendidikan, Sosial, dan Budaya. Jurnal ini pula sebagai media komunikasi ilmiah bagi para akademisi, pemerhati dan peneliti dari ...