Penelitian ini membahas terkait temuan-temuan konsep bullying yang terdapat dalam drama Korea Pyramid Game menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce dengan segitiga makna, yaitu sign, object, dan interpretan. Penelitian ini fokus pada konsep-konsep pembullyan yang terdapat di dalam drama Korea Pyramid Game, yaitu konsep bullying fisik, konsep bullying verbal, konsep bullying relasional dan konsep cyberbullying. Dan penilaian kritis terhadap respon karakter utama terhadap bullying akan menggali bagaimana perasaan terlindungi, kecemasan, dan upaya untuk melawan dapat mengubah persepsi sosial terhadap korban dan pelaku. Temuan ini mengarah pada pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep pembullyan yang terdapat di dalam drama Korea, yang juga menampilkan bullying pada remaja Korea Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce.. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 3 episode memuat konsep bullying fisik, 4 episode memuat konsep bullying verbal, 3 episode memuat konsep bullying relasional dan 2 episode memuat konsep cyberbullying.
Copyrights © 2025