Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media gambar digital terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Mengetahui Implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen / Tindakan kelas Pada penelitian ini kelas VIIA dan kelas VIIB dijadikan sampel, kelas VIIA yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIIB yang akan dijadikan kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Hasil analisis terlihat bahwa metode pembelajaran STAD memiliki pengaruh positif terhadap nilai belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 6,772 > 1.696. 2) Metode STAD berbantuan media pembelajaran gambar digital membantu dalam pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran fiqih. Hasil analisis mayoritas siswa merespon sangat setuju sebanyak 26 siswa atau 78,8%. 3) Dari hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh menyenangkan pada pembelajaran dengan menggunakan metode STAD berbantuan media pembelajaran gambar digital yang telah dilakukan dalam pembelajaran Fiqih Menyenangkan. Hasil analisis mayoritas siswa merespon sangat setuju sebanyak 26 siswa atau 78,8%.
Copyrights © 2025