Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 2 (2025)

Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa

Ayu Lestari (Unknown)
Imas Kania Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini didorong oleh masalah perilaku prokrastinasi akademik yang dialami oleh siswa, yang menjadi fokus perhatian dalam konteks akademik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa, tingkat prokrastinasi akademik siswa, dan hubungan konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Kota Bogor dan populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 187 responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Dalam memperoleh sebuah data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis persyaratan uji coba dan uji hipotesis merupakan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa; 1) Variabel konsep diri pada siswa kelas, diperoleh skor tertinggi yaitu 136 dan skor terendah yaitu 34. Dari perhitungan diperoleh hasil penelitian perhitungan berada pada interval 95-111, hal ini masuk dalam kategori sedang. 2) Variabel prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI, diperoleh skor tertinggi yaitu 100 dan skor terendah yaitu 24. Dari perhitungan diperoleh hasil penelitian perhitungan berada pada interval 0-62, hal ini masuk dalam kategori rendah. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik kelas XI SMAN 6 Kota Bogor. Hasil tersebut dapat dibuktikan secara statistik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,773 berhubungan signifikan secara positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...