Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam konsep operasi hitung bilangan kecil. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan Blok Dienes untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paring Lahung. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 1 siswa (11,1%) dan yang tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 8 siswa (88,8%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 25, 8. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan, jumlah siswa yang memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 10 siswa (90,9%) dan yang tidak memenuhi nilai ketuntasan minimal 70 sebanyak 1 siswa (9,1%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 84 ,8. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 79,8%. Dapat disimpulkan bantuan bahwa penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik dengan Blok Dienes dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paring Lahung pada operasi hitung bilangan kecil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025