Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 7 No 1 (2025): MAY

Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Drill Teknik Inquiry Berbantuan IT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X UPTD SMK Negeri Labuang

Yuliany, Nur (Unknown)
Ardiyanza, Wahyu (Unknown)
Latuconsina, Nur Khalisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode drill dengan teknik inquiry berbantuan IT terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X di UPTD SMK Negeri Labuang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari 214 siswa kelas X, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X TKJ A sebagai kelas kontrol dan X TKJ B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes sebanyak 15 butir soal diantaranya 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pada kelas eksperimen dari 56,90 () menjadi 78,41 (), sedangkan kelas kontrol meningkat dari 60,39 menjadi 65,40. Uji inferensial menunjukkan nilai signifikansi (2-) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran drill dengan teknik inquiry berbantuan IT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan pembelajaran tanpa penerapan metode drill dengan teknik inquiry berbantuan IT.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...