Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Bolo pada materi bangun datar segi empat, berdasarkan lima indikator utama: interpretasi, mengklasifikasikan, membuat kesimpulan, membandingkan, dan mencontohkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa tes uraian sebanyak 25 soal yang diujikan kepada 54 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada aspek interpretasi diperoleh rata-rata 8,89 dengan variansi 1,912 dan standar deviasi 1,383, pada aspek mengklasifikasikan memperoleh rata-rata 7,96 dengan variansi 2,489 dan standar deviasi 1,578, pada aspek membuat kesimpulan memperoleh rata-rata 16,50 dengan variansi 12,481 dan standar deviasi 3,533, pada aspek membandingkan memperoleh rata-rata 13,72 dengan variansi 11,412 dan standar deviasi 3,378, dan pada aspek mencontohkan memperoleh rata-rata 16,94 dengan variansi 9,563 dan standar deviasi 3,092. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas nilai peserta didik mendekati nilai rata-rata yang mencerminkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup baik pada masing-masing indikator, meskipun masih terdapat variasi antar-aspek.
Copyrights © 2025