Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala
Vol. 1 No. 4 (2022): ABDIMAS PATIKALA

PELATIHAN KEWIRAUSAHAN BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KECAMATAN LAKARSANTRI: PRAKTIK KULIAH KERJA NYATA

Yasser Abed, Muhammad (Unknown)
Maulidah, Fardha (Unknown)
Ine Madina, Nadia (Unknown)
Hidayatul Fitriyah, Risa (Unknown)
Fikri, Aksanul (Unknown)
Amalia Syafitri, Nadinda (Unknown)
Denissa Soemarsono, Radyana Putri (Unknown)
Meilana, Rovinda (Unknown)
Insan Muttaqin, Gezza (Unknown)
Zulfa Salsabila, Naurah (Unknown)
Setyo Budiwitjaksono, Gideon (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang, dan penggunanya merasakan manfaat menggunakan teknologi elektronik digital. Salah satunya meliputi kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menjalankan usaha, khususnya di era pandemi COVID-19. Penggunaan media sosial saat era pandemi sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya. Penggunaan digital marketing sendiri, sangat berpengaruh bagi pemilik UMKM dimulai dari interaksi dengan konsumen melalui jejaring sosial maupun untuk mempromosikan barang dagangan tersebut. Konsep tentang digital marketing ini, sangat bagus untuk pelaku UMKM baik untuk mendapatkan informasi, berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta meningkatkan produk penjualan. UMKM dinilai penting karena berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu tim pengabdi membantu memajukan UMKM di Indonesia khususnya di wilayah Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya. Permasalahan prioritas yang ditemui pada pelaku UMKM di wilayah tersebut yaitu di bidang pemasaran produk dan pengembangan di bidang kualitas produk. Hal ini menjadikan perpindahan dari sistem konvensional ke digital marketing menjadi sebuah keharusan. Tim pengabdi telah melakukan observasi dan wawancara kepada pelaku UMKM untuk mengumpulkan data dan informasi. Selain itu tim pengabdi juga melakukan pelatihan dan pendampingan untuk memajukan UMKM. Grafik perbandingan terlihat sangat timpang terhadap UMKM yang sudah menggunakan media sosial dan yang belum menggunakan media sosial. Oleh sebab itu tim pengabdi melakukan pelatihan pengembangan digitalisasi untuk memajukan UMKM. Tim pengabdi juga membantu dalam pembuatan desain logo, desain kemasan UMKM. Hasil evaluasi setelah kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa adanya perubahan cara pemasaran pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya menggunakan media sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

patikala

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Abdimas Patikala adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia) yang menerbitkan artikel pengabdian dalam berbagai disiplin ilmu diantaranya teknologi terapan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan, sosial humaniora, dan ...