cover
Contact Name
Sirajuddin
Contact Email
sirajuddin@unismuh.ac.id
Phone
+6281241392804
Journal Mail Official
redaksi.abdimaspatikala@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bumi 18, Blok A15, No.1, Bumi Permata Hijau, Gunung Sari, Makassar, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala
ISSN : 28087658     EISSN : 28082893     DOI : https://doi.org/10.51574/patikala
Abdimas Patikala adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia) yang menerbitkan artikel pengabdian dalam berbagai disiplin ilmu diantaranya teknologi terapan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan, sosial humaniora, dan hukum. Tujuan jurnal ini untuk memfasilitasi para akademisi dan praktisi dalam menerbitkan hasil karya-karya inovasi secara luas dalam pengembangan dan penyelesaian permasalahan dalam kehidupan masyarakat. Fokus Kajian & Ruang Lingkup Bahasa dan budaya Pendidikan Penerapan teknologi Pelestarian lingkungan Pemberdayaan masyarakat
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 425 Documents
ONLINE MARKETING BAGI UMKM DI DESA JANGGAN KECAMATAN PONCOL MAGETAN PROVINSI JAWA TIMUR Masfingatin, Titin; Murtafiah, Wasilatul
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 1 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.14 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i1.93

Abstract

Pandemi covid 19 yang melanda semenjak bulan Maret 2020 hingga saat ini sangat berdampak bagi pelaku UMKM di Desa janggan Kecamatan Poncol Magetan. Produk yang biasanya dijual dengan cara konvensional, yaitu adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembelikini terkendala pembatasan social akibat pandemic covid. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan dan melatihkan pemasaran produk UMKM secara online di tokopedia. pelaksanaan pelatihan online marketplace bagi UMKM di Desa Janggan antara lain untuk membantu UMKM mengatasi masalah pemasaran produk karena pandemic Covid-19, memperkenalkan UMKM kepada e-commerce yang kini lebih diminati pembeli, serta meningkatkan perekonomian UMKM. Metode pelaksanaan program kerja ini meliputi sosialisasi dan pelatihan pengenalan aplikasi online marketplace, pembuatan akun, pengelolaan akun, menerima serta mengiriman produk. Aplikasi online marketplace yang dilatihkan ialah Tokopedia, dikarenakan mudah digunakan, memiliki banyak pengguna serta merupakan salah satu produk anak bangsa. Kepala Desa Janggan serta pada pemilik UMKM menyambut dengan antusias program pelatihan ini. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di Desa Janggan, yang terdiri dari 3 UMKM. Hasil dari pelatihan online marketplace ini adalah pelaku UMKM di desa Janggan telah memiliki akun toko online di tokopedia sebagai sarana untuk mempromisikan dan memasarkan produknya. Dengan adanya pelatihan online marketplace di Desa Janggan ini dapat mengembalikan perekonomian para pelaku UMKM yang mengalami penurunan karena pandemi.
Pengenalan Ecobrick di Sekolah Sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Sampah Ikhsan, Muhammad; Tonra, Wilda Syam
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 1 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.241 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i1.95

Abstract

Sampah adalah salah satu masalah di Kota Ternate. Dengan meningkatnya aktivitas penduduk, maka sampah yang dihasilkan semakin banyak. Masalah sampah ini terutama sampah plastik karena sulit untuk terurai, berdampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah sampah adalah ecobrick. Ecobrick adalah teknik pengelolaan sampah plastik yang terbuat dari botol-botol plastik bekas yang didalamnya telah diisi berbagai sampah plastik hingga penuh kemudian dipadatkan sampai menjadi keras. Ecobrick merupakan salah satu upaya kreatif untuk mengelola sampah plastik menjadi benda-benda yang berguna, mengurangi pencemaran dan racun yang ditimbulkan. Kegiatan pengenalan ecobrick di sekolah ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pemamahan dan kesadaran siswa SMPN 7 Kota Ternate agar mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Sehingga pada akhirnya siswa memahami bahwa sampah bukan hanya sekedar limbah, tetapi dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan manusia
EDUKASI PEMANFAATAN TANAMAN SEBAGAI APOTEK HIDUP MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT DAN PRODUKTIF Thahir, Rahmatia; Nurdiyanti, Nurdiyanti; WAJDI, MUHAMMAD; FADHILAH, NURUL; MAGFIRAH, NURUL; ANISA, ANISA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 1 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.199 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i1.99

Abstract

Desa pacceke adalah salah satu desa di kecamatan soppeng riaja kabupaten barru, Sulawesi selatan. Sebagain besar masyarakat desa pacceke berprofesi sebagai petani, namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal dan memanfaatkan tanaman sebagai apotek hidup. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat tentang manfaat tanaman sebagai apotek hidup untuk mewujudkan masyarakat sehat dan produktif yang dimulai dari diri sendri dan keluarga. Kegiatan PkM dilaksanakan pada hari senin, tanggal 5 maret 2018 di Gedung pertemuan desa pacceke. Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan pandawa yang dilaksanakan oleh himabio Pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Penyampaian materi dilakukan dalam bentuk penyampaian langsung dan pembagian brosur kepada masyarakat. Tahap kegiatan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.
TERAPI AKTIVITAS BERBASIS AQUAPONIK PADA ODGJ DESA PARINGAN PONOROGO UNTUK MEWUJUDKAN KESEHATAN JIWA DI MASA PANDEMI COVID 19 Devita Sari, Rullly; Masruroh, Mila; Fitritunnisa, Wahyu; Lusiana, Restu
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 1 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.867 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i1.104

Abstract

Kesehatan, perlindungan sosial, dan ketahanan pangan merupakan beberapa fokus kebijakan pemerintah tahun 2021. ODGJ merupakan masyarakat yang juga memerlukan perhatian khusus untuk dapat mewujudkan tujuan pemerintah tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan terapi aktivitas berbasis aquaponic pada ODGJ di desa Paringan Ponorogo guna mewujudkan kesehatan mental di masa pandemic Covid-19. Pelaksanaan kegiatan menggunakan 3 tahapan yaitu pensiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Terapi aktifitas dapat memberikan keterampilan baru bagi ODGJ dalam hal aquaponic. ODGJ mampu mengikuti dan menjalankan proses penyemaian bibit, perawatan, hingga panen. Dengan terapi aktivitas berbasis aquaponic, ODGJ memiliki kegiatan rutin baru yang menjadikan mereka lebih tenang dan responsif dalam setiap instruksi yang diberikan. Hasil aquaponic sebagian dikonsumsi oleh ODGJ dan sebagian lagi dijual sebagai sumber penghasilan bagi ODGJ.
PELATIHAN BIOENTERPRENEURSHIP BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI LOPOSOS DESA SAMBIREJO UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF Rahmawati, Pebriani; Nuril Afreza, Irma; Lutfil Anshori, Mushtofa; Anjani Putri, Qori; Lusiana, Restu
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 1 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.802 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i1.105

Abstract

Masa pandemi covid-19 menjadi tantangan bagi masyarakat di lingkungan pondok sosial (LIPOSOS) desa Sambirejo. Hal tersebut diarenakan adanya PPKM yang membatasi mereka untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan bioenterpreneurship untuk remaja putus sekolah di LIPOSOS desa Sambirejo sebagai upaya membangun ekonomi kreatif di masa pandemic Covid-19. Kegiatan ini menggunakan metode pelaksanaan yang meliputi 3 tahapan diantaranya pensiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan tersebut adalah remaja putus sekolah mendapatkan keterampilan baru dalam bidang bioenterpreneurship, mendapatkan keterampilan dalam menciptakan peluang usaha, dan mendapatkan keterampilan dalam pemasaran produk baik secara langsung maupun secara online. Kegiatan tersebut dapat memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat LIPOSOS dalam sector industry kreatif, dan dalam jangka Panjang diharapkan mampu memperbaiki kesejahteraan masyarakat di LIPOSOS desa Sambirejo
GURU MATEMATIKA MEMAHAMI TRIPEL PYTHAGORAS: Suatu Tinjauan Sejarah Matematika dari Zaman Pythagoras, Plato, dan Euclid Kautsar Qadry, Ikhbariaty; Asyari, Syahrullah; Darwis M, Muhammad; Sidjara, Sahlan
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 2 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.733 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i2.107

Abstract

Tripel Pythagoras adalah bagian dari konsep Teorema Pythagoras yang tak terpisahkan dari fondasi untuk menyelesaikan masalah praktis geometri. Pengetahuan dan pemahaman yang memadai yang dimiliki oleh seorang guru matematika tentang suatu konsep, seperti Tripel Pythagoras, juga berkontribusi bagi pengetahuan dan pemahaman siswa. Pengetahuan dan pemahaman yang memadai tersebut dapat dibentuk melalui pemahaman terhadap suatu konsep tertentu secara historis. Studi di beberapa negara maju maupun berkembang menunjukkan rendahnya pengetahuan guru matematika tentang sejarah matematika. Workshop Tripel Pythagoras adalah suatu langkah alternatif membekali guru matematika dengan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang Tripel Pythagoras secara historis. Tiga aktivitas utama workshop ini adalah demonstrasi pengetahuan atau skill, pemberian praktik terbimbing, dan pemberian umpan balik. Hasil penilaian formatif dan evaluasi diri peserta menunjukkan bahwa peserta workshop secara individu telah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang Tripel Pythagoras secara historis
Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Reformasi Sekolah Melalui Lesson Study For Learning Community (Lslc) Di SMPN 1 Dolopo Kabupaten Madiun Lukitasari, Marheny; Murtafiah, Wasilatul
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 2 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1658.998 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i2.164

Abstract

Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui reformasi sekolah merupakan bentuk tanggung jawab pendidikan untuk mempersiapkan generasi di masa depan. Oleh karena itu meningkatkan serta menunjang kualitas pembelajaran dengan memperhatikan potensi siswa sekolah merupakan hal penting untuk diperhatikan. Mengatasi permasalahan yang disampaikan maka penerapan lesson study for learning community (LSLC) dapat dilaksanakan sebagai satu solusi. Dengan kegiatan yang menitikberatkan pada aktiftas 1) reformasi kegiatan harian pembelajaran dengan kolaboratif learning dengan konsultasi, 2) mengembangkan prinsip kolegialitas dan kapasitas professional melalui observasi yang bermutu dan refleksi oleh guru dengan menitikberatkan pada materi pembelajaran, dan 3) melibatkan orang tua dan orang di lingkungan sekolah dalam kegiatan pembelajaran akan sangat membantu memperbaiki kualitas pembelajaran. Kelompok guru membangun hubungan dalam learning community untuk menyusun SLP yang memuat jumping task (JT) dengan tujuan membangun suasana pembelajaran saat siswa melakukan diskusi dalam kelompok. Variasi JT yang disusun kelompok guru merupakan kekuatan SLP sehingga pelaksanaan pembelajaran untuk mengaktifkan siswa berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas pun tampak bahwa learning community antar siswa dalam kelompok juga terbangun dengan baik. Hal ini tampak dari pengamatan yang dilakukan di kelas untuk beberapa mata pelajaran yang diobservasi.
BUDIDAYA Colocallia Fuchiphaga PENINGKATAN PRODUKTIVITAS IBU IBU RUMAH TANGGA DI KAMPONGE KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP SULAWESI SELATAN Nurdiyanti, Nurdiyanti; Wajdi, Muhammad; MAGFIRAH, Nurul; FADHILAH, Nurul; Safitiri, Dian
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 2 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.873 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i2.169

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat budidaya Colocallia fuciphaga di Kamponge Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep khususnya Ibu-Ibu Rumah Tangga yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkumpul bersama dengan tema pembahasan yang tidak ditentukan. Permasalahan utama yang dialami mitra yaitu; 1) Ibu-ibu rumah tangga yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk kumpul bersama dengan tema pembahasan yang tidak ditentukan, 2) Pengetahuan mitra masih terbatas mengenai cara memanfaatkan waktu kosong yang berproduktif dan menambah pendapatan, 3)Pengetahuan mitra masih terbatas mengenai teknik budidaya Colocallia Fuciphaga, 4) Rumah walet untuk budidaya Colocallia Fuciphaga memerlukan dana cukup besar. Metode Pelaksanaan barupa peninjauan lokasi, pengurusan perizinan pelaksaan kegiatan, pembuatan rumah walet, tahap budidaya, monitoring dan evaluasi, pembuatan laoran dan keberlanjutan program. Adapun target luaran yang akan dicapai bertambahnya pengetahuan masayarakat terkait budidaya Colocallia fuciphaga, menciptakan ibu-ibu rumah tangga yang produktif dan menambah pendapatan dari aspek ekonomi, menjadi pemasok utama dalam memproduksi sarang walet putih dan sustainable. Segala bentuk kegiatan ini akan dipublikasikan secara online pada media fajar online, dengan target luaran berupa laporan akhir dan artikel ilmiah dalam jurnal pengabdian STKIP Andi Matappa.
PELATIHAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TELLULIMPOE KAB. SINJAI Wahid, Abd
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 2 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.261 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i2.174

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Ibm ini antara lain: 1) Setelah mengikuti kegiatan pelatihan penulisan, guru-guru diharapkan memiliki pengetahuan (teori) tentang: (a) Cara menggali ide dan kreativitas, (b) Penggunaan kaidah bahasa ilmiah, (c) Bentuk sistematika KTI, (e) Metodologi Penulisan/Penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data, teknik analisis data secara kualitatif/kuantitatif.Statistik (Pelatihan penggunaan aplikasi SPSS sebagai alat pengolah data), dan penyusunan instrument penelitian, 2) Cara mengoperasikan aplikasi SPPS yang selama ini menjadi kendala bagi banyak guru tidak hanya bagi mitra tapi semua elemen peneliti, 3) Pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan, guru diharapkan mampu mengaplikasikan teori yang didapatkan dan dituangkan dalam bentuk karta tulis ilmiah, 4) Pendampingan gutu (latihan terbimbing) memiliki luaran Karya Tulis Ilmiah yang Inovatif dan Kreatif serta dapat dipertanggung jawabkan, 5) Terciptanya kegiatan diskusi penulisan/penelitian yang aktif melalui kelompok disetiap gugus sekolah. Diharapakan kelompok ini mampu melahirkan generasi-generasi penulis/peneliti yang handal dibidangnya amsing-masing, 6) Hasil penulisan KTI dapat dijadikan artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/prosiding nasional maupun internasioanl, 7) Terciptanya aplikasi e-learning berbasis Website bagi guru-guru di kecamatan Tellulimpoe, 8) Laporan kegiatan IbM dan publikasinya sebagai pertanggungjawaban selesainya program ini. Adapun rencana target luaran dalam penelitian ini yakni, (1) publikasi di jurnal nasional (ber ISSN) pada jurnal “VOKAL”, (2) sebagai bahan makalah dalam temu ilmiah skala nasional, dan (2) sebagai bahan ajar bagi mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode pelaksanaan IbM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 tahap, yakni pertama tahap perencanaan meliputi: (1) Pembentukan dan pembekalan kelompok kerja guru (KKG), (2) Sosialisasi program IbM pada dua sekolah mitra (khalayak sasaran),(3) Penyusunan program pelatihan, kedua tahap tindakan meliputi: (1) Pembentukan kelompok-kelompok kerja guru (KKG), (2) Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dan kaidan penulisan ilmiah, (3) Pendampingan (latihan terbimbing) dalam menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI), (4) Presentasi hasil KTI di hadapan peserta pelatihan dan undangan (5) Publikasi hasil KTI ke jurnal, prosiding, dan media massa, (6) Peresmian Kelompok Penulis/Peneliti Guru Tiap Gugus di Kecamatan Tellulimpoe Kab. Sinjai, Pengadaan E-Learning berbasis Website sebagai media belajar jarak jauh dan publikasi media, ketiga tahap Observasi dilakukan terhadap proses dan hasil KTI yang telah dibuat oleh para guru mitra, dan keempat, tahap Refleksi. Refleksi dilakukan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
PELATIHAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: BLENDED LEARNING UNTUK GURU DI SMPN 12 TARAKAN Pratiwi, Enditiyas; Kusmaryani, Woro; Abrori, Fadhlan Muchlas
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala Vol. 1 No. 2 (2021): ABDIMAS PATIKALA
Publisher : Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1251.197 KB) | DOI: 10.51574/patikala.v1i2.177

Abstract

Semester Gasal 2021/2022 beberapa sekolah di Kota Tarakan sudah mulai melaksanakan pembelajaran dengan kondisi pertemuan tatap muka (PTM) terbatas. Oleh karena itu, penting untuk melakukan kegiatan terkait dengan pemantapan guru dalam melaksanakan PTM terbatas, khususnya penggunaan teknologi pembelajaran sehingga mendukung pelaksanaan blended learning. Kegiatan dilaksanakan dengan luring dan daring, di mana kegiatan luring dilakukan langsung dalam bentuk praktik sehingga guru dapat memahami langkah-langkah dalam penggunaan teknologi pembelajaran (pixton, seesaw, dan quizizz). Sedangkan kegiatan daring untuk memfasilitasi guru dalam melakukan simulasi praktik penggunaan pixton, seesaw, dan quizizz. Kegiatan pengabdian yang dilaksanaan dapat diikuti dengan baik oleh guru terbukti dengan kemampuan guru dalam melakukan praktik secara mandiri terhadap ketiga platform yang sudah disajikan meskipun belum mengeksplorasi fitur platform secara lebih mendalam.

Page 1 of 43 | Total Record : 425