JS (Jurnal Sekolah)
Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024

TEORI PRAGMATIK DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK

Kuntarto, Eko (Unknown)
Sholeh, Muhammad (Unknown)
Merlin Claudia, Deva (Unknown)
Juita Ananda, Ivta (Unknown)
Alqanita, Maulidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Abstract: This study aims to explain theoretically the development of language in the pragmatic category in children in the context of communication. The method applied in this research is a literature study approach. The pragmatic approach is a learning method that aims to train children to improve their speaking skills in social environments. This approach focuses on developing contextual speaking skills, especially in an effort to improve children's communication abilities. With this approach, children will be more accustomed to real speaking situations, both spoken and written. Therefore, the pragmatic approach is very effective in creating dynamic learning, especially in improving children's speaking skills both inside and outside their environment. Keyword: Pragmatic Theory, Communication Skills Abstrak: Studi ini bertujuan untuk menjelaskan secara teoretis mengenai perkembangan bahasa dalam kategori pragmatik pada anak dalam konteks komunikasi. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi pustaka. Pendekatan pragmatik merupakan salah satu metode pembelajaran yang bertujuan untuk melatih anak dalam meningkatkan keterampilan berbicara di lingkungan sosial. Pendekatan ini fokus pada pengembangan keterampilan berbicara yang kontekstual, terutama dalam upaya untuk memperbaiki kemampuan komunikasi anak. Dengan pendekatan ini, anak akan lebih terbiasa dengan situasi berbicara yang nyata, baik lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, pendekatan pragmatik sangat efektif dalam menciptakan pembelajaran yang dinamis, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak baik di dalam maupun di luar lingkungan mereka. Kata Kunci: Teori Pragmatik, Kemampuan Komunikasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...