JS (Jurnal Sekolah)
Vol. 9 No. 3 (2025): JUNI 2025

ANALISIS PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SD AL-KHAIRAAT 2 PALU

Yanti, Ayu Krisma (Unknown)
Rizal (Unknown)
Aqil , Muhammad (Unknown)
Herlina (Unknown)
Fasli, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas IV SD Al-Khairaat 2 Palu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek guru dan siswa kelas IV. Instrumen penelitian berupa observasi dan wawancara, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam enam indikator utama: pemahaman kurikulum, perancang pembelajaran, pendamping, fasilitator, pengembang kreativitas, serta evaluator. Dari 25 sub-elemen, 24 berhasil dijalankan, sementara satu sub-elemen sebagai fasilitator belum optimal karena keterbatasan sarana. Peran guru sangat penting dalam keberhasilan Kurikulum Merdeka, terutama dalam menciptakan pembelajaran yang fleksibel, inovatif, dan berpusat pada siswa. Kata Kunci: Analisis, Peran Guru, implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...