Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran IPA di Kelas III UPT SDN Benteng Selatan No.60 Kepulauan Selayar dengan menggunakan metode card sord. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SDN Benteng Selatan No.60 Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 23 siswa (satu kelas). Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Data dikumpulkan dengan metode observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan metode card sort, terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rata-rata nilai siswa meningkat dari pra siklus sebesar 62,65 menjadi 75,43 pada siklus 1, dan terus meningkat menjadi 78,48 pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode card sort mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa secara bertahap dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, metode ard sort efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Copyrights © 2025