Menurut Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Pasal 1 Ayat 2, Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang diciptakan dan diterima oleh lembaga negara. Pengelolaan arsip yang baik akan meningkatkan mutu pelayanan publik dan menjadi landasan bagi pengembangan setiap organisasi, baik organisasi pemerintah, perusahaan, serikat pekerja, maupun organisasi lainnya. Mutu pelayanan publik merupakan upaya pemenuhan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi, jasa, manusia, proses, lingkungan, serta kebutuhan dan keinginan konsumen, baik berupa barang maupun jasa yang diharapkan dapat memenuhi harapan dan kepuasan masyarakat. Hasil pengamatan yang dilakukan penulis adalah belum adanya tempat khusus untuk menyimpan arsip, seperti ruang arsip, sehingga arsip disimpan di ruang perpustakaan. Jumlah sarana penyimpanan arsip, seperti lemari, tidak sesuai dengan arsip yang ada, sehingga terdapat arsip yang disusun dalam kotak dan diletakkan di kursi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan suatu metode yang harus dilakukan oleh peneliti melalui suatu pengamatan, pengamatan, dan pengamatan. Rangkaian prosedur dan tahapan dalam melaksanakan kegiatan penelitian dengan tujuan untuk memecahkan masalah atau menemukan jawaban atas suatu permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Sako Kota Palembang belum optimal yang dapat dilihat dari sistem penyimpanan fisik yang mengakibatkan proses pelayanan publik menjadi terhambat terbukti dari jangka waktu pelayanan yang seharusnya hanya 15 menit dapat menjadi 30 menit bahkan lebih. Yang menjadi faktor penghambat dalam proses pengelolaan arsip dinamis di Kantor Lurah Sako Kota Palembang adalah kurangnya pengetahuan sumber daya manusia (SDM) mengenai pengelolaan arsip dinamis yang baik dan sarana penyimpanan arsip yang memadai seperti ruang penyimpanan, map arsip dan lemari penyimpanan arsip. Kata Kunci: Pengelolaan Arsip Dinamis, Kualitas Pelayanan Publik
Copyrights © 2024