Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Persoalan di penelitian ini ialah bagaimana penerapan model pembelajaran Word square mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas IV UPTD SDN 1 Parepare. Jenis penelitian yang dipakai ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfungsi mengkaji proses dan hasil penerapan model pembelajaran Word square demi peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Pancasila Kelas IV. Pendekatan yang dipakai di penelitian ini yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data dipakai ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan satu orang guru kelas dan 17 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian ini melibatkan III siklus, yang tiap tahapan siklus mencakup satu kali perhasil. Hasil penelitian disimpulkan bahwa di siklus I proses pembelajaran berada di kategori cukup (C), sedangkan hasil belajar siswa terdapat di klasifikasi Kurang (K). Hasil penelitian siklus II mengenai proses pembelajaran dikategorikan baik (B), sedangkan hasil belajar siswa dikategorikan Cukup (C). Pada siklus III hasil penelitian menunjukkan bila proses pembelajaran mendapat nilai baik (B) dan hasil belajar siswa termasuk di kategori Baik (B). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word square bisa meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas IV di UPTD SDN 1 Parepare.
Copyrights © 2025