Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2025): MARET

Implementasi E-Assessment di Pendidikan Tinggi Indonesia: Analisis Tantangan Teknologis dan Pedagogis Berbasis Literatur (2019-2024)

Nurul Mukhlisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi sistem penilaian elektronik (e-assessment) di pendidikan tinggi Indonesia dengan fokus pada tantangan teknologis dan pedagogis. Melalui tinjauan sistematis terhadap 42 literatur terpilih (2019-2024), ditemukan bahwa implementasi e-assessment menghadapi kendala kompleks berupa ketimpangan infrastruktur digital antarwilayah (76% studi), kerentanan sistem keamanan (58%), serta ketidaksiapan dosen dalam merancang dan melaksanakan penilaian digital (68%). Studi ini juga mengungkap disparitas validitas asesmen antara format daring dan luring, khususnya untuk penilaian keterampilan kompleks (23% lebih rendah secara daring). Beberapa inovasi lokal seperti program sertifikasi dosen dan mobile exam bus menunjukkan efektivitas dalam mengatasi tantangan spesifik. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pendekatan terintegrasi yang mencakup: (1) pembangunan infrastruktur merata, (2) peningkatan kapasitas dosen berkelanjutan, (3) pengembangan kebijakan nasional yang fleksibel, serta (4) penelitian lanjutan tentang model evaluasi digital yang adaptif. Hasil penelitian ini memberikan kerangka konseptual untuk transformasi sistem evaluasi pendidikan tinggi di era digital dengan tetap memperhatikan prinsip keadilan dan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...