G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA di Provinsi Jawa Tengah

Yetik Nur Dwi Handayani (Unknown)
Rochman Hadi Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ialah suatu program kurikulum nasional guna menanamkan karakter siswa agar bersesuaian dengan nilai-nilai Pancasila. Riset ini dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2024 untuk menggambarkan strategi penerapan P5 di SMA Negeri 1 Gondang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif. Wawancara, observasi, serta dokumentasi diaplikasikan sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling, mencakup siswa, fasilitator/guru, serta wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan riset ditemukan bahwa: 1) pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam P5; 2) pentingnya tim dalam proyek level sekolah; 3) perlunya identifikasi kesiapan sekolah; 4) kerjasama sekolah dengan pihak eksternal; 5) perlunya asesmen dan evaluasi P5; 6) adanya fasilitas yang memadai serta dukungan dari pihak internal maupun eksternal menjadi faktor pendukung; 7) faktor penghambatnya yaitu terbatasnya guru fasilitator di sekolah. Kata kunci: karakter peserta didik, leadership, pancasila, proyek sekolah, studi kasus

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...