Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol. 10 No. 1 (2025): Januari: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau

Hubungan Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Kimia

Venisa, Bella (Unknown)
Sofiyanita, Sofiyanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah hubungan self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 217 orang siswa kelas X IPA dan sampel penelitian berjumlah 54 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas siswa memiliki tingkat self regulated learning dengan kategori sangat tinggi dengan persentase 84,62%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Sig.(2-tailed) antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang positif antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa. Didapatkan juga nilai rxy 0,617 pada taraf signifikansi 5% (0,339) dimana rxy ≥ rtabel yaitu 0,617 > 0,339 yang menunjukkan adanya hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 9 Pekanbaru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...