Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan dan stres mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya. Proses menyusun skripsi membutuhkan ketekunan dan kemauan dalam diri mahasiswa. Sehingga dalam mengerjakan skripsi mahasiswa mampu konsisten mengerjakan skripsi tersebut sampai penelitian selesai. Namun, dalam proses menyusun skripsi mahasiswa sering mengalami tekanan yang dapat memicu terjadinya kecemasan dan stres. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuanitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen DASS-42 (Depression, Anxiety, and Stress Scale) yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Hasil uji reliabilitas instrumen penelitian pada variabel kecemasan menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,869, sedangkan untuk variabel stres mendapatkan nilai Cronbach’s Alpha 0,931. Sampel penelitian terdiri dari 82 mahasiswa akhir yang sedang menyusun skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami tingkat kecemasan sedang (30,5%) dan stres normal (51,2%). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sudah memiliki coping mechanism yang baik untuk mengelola stres, akan tetapi kecemasan tetap muncul akibat tuntutan akademik yang bersifat kompleks.
Copyrights © 2025