Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan dan harapan guru serta siswa terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika kontekstual berbasis Islam di SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus eksploratif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi matematika karena minimnya keterkaitan dengan konteks kehidupan dan nilai-nilai yang mereka anut. Guru berharap adanya LKS yang sistematis, komunikatif, dan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman secara eksplisit. Siswa juga menginginkan LKS yang menarik secara visual, mudah dipahami, dan relevan dengan praktik keagamaan mereka. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya pengembangan LKS yang tidak hanya bermuatan akademik, tetapi juga mendukung pembentukan karakter spiritual siswa melalui pendekatan kontekstual dan nilai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025