Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 3 No 1 (2025): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)

Perancangan dan Pengembangan Website Company Profile dan Dashboard Menggunakan Metode Waterfall Pada PT. Aranesia Kreasi Kreatif Indonesia

Fauzan Azimah (Unknown)
Hadad Al Tami (Unknown)
Hikmal Maulana Ramadhan (Unknown)
Achmad Lutfi Fuadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Di era digital, website menjadi sarana strategis dalam membangun citra perusahaan serta memperluas jangkauan informasi kepada publik. PT Aranesia Kreasi Kreatif Indonesia, yang bergerak di bidang industri kreatif, belum memiliki website resmi yang dapat merepresentasikan profil perusahaan secara profesional dan mendukung pengelolaan informasi internal secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem website company profile serta dashboard administrasi menggunakan pendekatan rekayasa perangkat lunak model Waterfall. Proses pengembangan meliputi lima tahapan: analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Teknologi yang digunakan meliputi Vue.js sebagai framework frontend untuk tampilan antarmuka interaktif, Golang sebagai backend service karena keunggulannya dalam pemrosesan data, serta MySQL sebagai sistem basis data relasional. Hasil pengujian white-box menunjukkan bahwa seluruh fungsi sistem berjalan sesuai harapan, baik dalam menampilkan informasi perusahaan secara dinamis maupun dalam mendukung proses manajemen konten oleh administrator. Sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan dan menjadi fondasi digital dalam mendukung pertumbuhan bisnis di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...