Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 8, No 1 (2025): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Bentuk, Makna, dan Fungsi Konten Vandalisme Verbal Siswa SMPN 2 Kadudampit

Amanat, Tri (Unknown)
Sugono, Dendy (Universitas Indraprasta PGRI)
Masrin, Masrin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan kajian ini untuk memahami secara mendalam bentuk, makna, dan fungsi konten vandalisme verbal di lingkungan sekolah yang diproduksi oleh para siswa SMPN 2 Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten (isi). Setiap konten didokumentasikan kemudian diparafrasakan dan selanjutnya dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk konten vandalisme verbal yang ditemukan meliputi kata, frasa, klausa, dan kalimat. Makna yang terkandung meliputi makna emotif, konotatif, denotatif, dan referensial. Fungsi bahasa yang ditemukan terdiri atas fungsi konatif, fungsi fatis, fungsi emotif, fungsi referensial, dan fungsi puitis.Kata Kunci: vandalisme verbal, bentuk bahasa, makna bahasa, fungsi bahasa, corat-coret.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...