Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2 No 2 Desember 2024

A Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hidayati, Nur (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)
MARGARETHA, PUSPITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT(Numbered Head Together) pada mata pelajaran IPAS di kelas VI di MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo tahun ajaran 2024-2025. serta untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran NHT(Numbered Head Together) pada mata pelajaran IPAS di kelas VI di MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo tahun ajaran 2024-2025. Metode penelitian ini adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Dengan melalui dua kali siklus, dan disetiap siklus ada 2 pertemuan. Tekhnik analisis data yang di gunakan ialah kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I mengalami ketuntasan secara klaikal yaitu 31,25%. Sedangkan pada siklus II naik menjadi 27,5%. Kesimpulannya adalah NHT(Numbered Head Together) pada mata pelajaran IPAS dalam materi rangka manusia dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo Tahun 2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidaiyah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ibtidaiyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Fokus jurnal ini memuat artikel penelitian tentang ...