Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan abad 21 (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) pada praktik pembelajaran di UPT SD Negeri Kanorejo 2. Studi berlangsung di tahun 2024 dengan melibatkan 70 siswa dan 8 guru sebagai informan. Pendekatan fenomenologi dipilih dalam penelitian ini. Data dihimpun melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi keterampilan abad 21 dilakukan melalui praktik pembelajaran, yaitu penugasan (creativity dan critical thinking), diskusi kelompok (collaboration), presentasi (communication); (2) Pengalaman guru dalam implementasi keterampilan abad 21 dalam Kurikulum Merdeka lebih mungkin diimplementasikan dilakukan dbandingkan pada kurikulum 13, hal ini dikarenakan struktur kurikulum yang menyediakan projek dan metode pembelajaran student centered. Implikasi dari penelitian adalah faktor pendukung ketampilan abad 21 bagi siswa meliputi metode pembelajaran yang bervariasi, hubungan antar siswa, tingkat kepercayaan diri. Faktor penghambat guru kurang memahami kebutuhan siswa, siswa tidak percaya diri.
Copyrights © 2025