Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
VOL 8 NO 1 APRIL 2025

Pengaruh Media Video Pembelajaran Animasi Melihat Karna Cahaya terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa

Hikmah, Putri durrotul hikmah (Unknown)
Firmansyah, Ihwan Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran pada Ilmu Pengetahuan Alam masih berbasis teacher centered atau hanya berpusat pada guru, sehingga timbul beberapa permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru seperti kondisi siswa yang bosan dan mengantuk pada saat pembelajaran, hasil belajar siswa untuk aktif dalam pembelajaran akan menjadi rendah yang mengakibatkan kemampuan siswa menerima informasi menjadi sulit sehingga motivasi siswa untukĀ  mengerjakan soal menjadi rendah. Media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya merupakan media yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran tersebut karena berbasis video animasi. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya terhadap hasil belajar dan motivasi siswa di SDN Pejagan 1. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan motivasiĀ  siswa berdasarkan hasil analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil belajar siswa dan nilai sig. sebesar 0,004 < 0,05 untuk motivasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...