Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
VOL 8 NO 1 APRIL 2025

Efektifitas Model Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Cahyono, Anang Hadi (Unknown)
Sari, Tita Tanjung (Unknown)
Jannah, Kholifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2024-2025 dengan subjek penelitian siswa kelas VA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (pretest dan postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa dengan nilai N-Gain Score sebesar 71,71 yang menunjukkan kriteria efektif. Rekomendasi bagi peneiti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan cakupan sampel yang lebih luas, durasi yang lebih lama, serta topik atau mata pelajaran yang berbeda guna memperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...