Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 13, No 5 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan pada Loyalitas Penumpang Kapal Terminal Gapura Surya Nusantara dengan Metode Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS)

Gustha, Annisa Nathania Eka (Departemen Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Mashuri, Muhammad (Departemen Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Transportasi mendorong pertumbuhan regional de-ngan memfasilitasi perpindahan manusia dan perdagangan. In-donesia, dengan letak maritim strategis, menjadi jalur bagi ri-buan kapal. Terminal Gapura Surya Nusantara di Surabaya meningkatkan fasilitas dan pelayanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menganalisis kualitas pela-yanan terminal menggunakan SEM-PLS, dengan model ROP-MIS untuk Port Service Quality dan kepuasan serta loyalitas penumpang sebagai variabel laten eksogen. Sampel dari pene-litian ini adalah sebanyak 380 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel manifest telah valid dan reliabel dalam mengukur variabel latennya. Variabel kepuasan penumpang dan variabel loyalitas penumpang memiliki nilai R^2 yang sangat baik, yaitu 82,6% dan 75,9%. Nilai Q^2 yang dihasil-kan adalah sebesar 0,52 dan 0,42 bermakna pemodelan memi-liki prediksi yang relevan. Pada pengujian hipotesis didapatkan hasil bahwa seluruh indikator berpengaruh positif secara sig-nifikan terhadap variabel latennya. Kualitas pelayanan berpe-ngaruh positif terhadap kepuasan penumpang dan loyalitas pe-numpang sebesar 0,909 dan 0,869. Sedangkan kepuasan penum-pang berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang sebe-sar 0,165.

Copyrights © 2024