Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
VOL 7 NO 2 OCTOBER 2024

Pengaruh Open Ended Problem Terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Raidil, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh soal Open Ended Problem Terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non eletrolit. Metode penelitian Quasi Expriment dengan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design dengan teknik random sampling, kelas eksperimen menggunakan model POE berbasis open ended problem dan kelas kontrol menggunakan model CPS. Instrumen yang digunakan berupa tes essay yang terdiri dari 10 butir soal terbuka. Hasil analisis menunjukkan peningkatan rata-rata pretest dan posttest yaitu  47.40% - 63.74 % di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 16,34%, sedangkan di kelas eksperimen 47.89% - 71.14% dengan selisih kenaikan 23.25%. Jika ditinjau dari hasil per indikator kemampuan berpikir kreatif didapatkan yaitu; sensitivity 64,17% - 72,75%, fluency 63.75% - 70.00%, flexibility 62.50% - 67.33%, originality 67.92% - 73.47%, dan elaboration 60.33% - 72.08%. Analisis data menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Terbukti terdapat pengaruh signifikan penggunaan soal Open Ended Problem terhadap kemampuan berpikir kreatif dibuktikan dengan t hitung > t tabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...