Rendahnya hasil belajar peserta didik kerap kali berakar pada penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan minim melibatkan peran aktif peserta didik. Fenomena ini menjadi tantangan pembelajaran yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan memantik motivasi sekaligus capaian belajar peserta didik kelas XI Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) di SMKN 1 Purwosari melalui pemanfaatan media interaktif Wordwall. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan didahului satu pra-siklus, dengan tiap siklus memuat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data didapat berdasarkan tes hasil belajar dan observasi aktivitas peserta didik di kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam capaian akademik. Rata-rata nilai peserta didik nenngkat dari 54,54% pada pra-siklus, menjadi 75,45% pada siklus pertama, dan meningkat hingga 96,36% pada siklus kedua. Begitu pula dengan antusiasme dan partisipasi aktif peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang nyata. Tak hanya capaian akademis yang meningkat, tetapi antusiasme dan partisipasi peserta didik pun meningkat. Peserta didik tampak lebih bersemangat, aktif menjawab kuis, serta memperlihatkan pemahaman konseptual yang lebih mendalam. Sehingga penggunaan media Wordwall efektif dalam menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis, menyenangkan, dan sejalan dengan karakteristik pembelajaran di era digital.
Copyrights © 2025