Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Tapa

Konijo, Nur'Ain Pratami (Unknown)
Katili, Nancy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam penalaran matematika ketika pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan individu, terutama pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif yang memanfaatkan angket, tes, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data dimulai dengan mereduksi data, kemudian menyajikan data, dan akhirnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 siswa, sebanyak 8 siswa dengan gaya belajar visual mencapai rata-rata nilai 69, yang tergolong dalam kategori tinggi. Selanjutnya, dari 27 siswa, sebanyak 10 siswa dengan gaya belajar audiovisual memperoleh rata-rata nilai 73, yang termasuk dalam kategori tinggi. Sementara itu, dari total 27 siswa, sebanyak 9 siswa dengan gaya belajar kinestetik mencapai rata-rata nilai 71, yang termasuk dalam kategori tinggi. Siswa di kelas X-4 SMA Negeri 1 Tapa menunjukkan kemampuan penalaran matematika yang baik dalam materi sistem persamaan linear tiga variabel saat mengikuti pembelajaran berdiferensiasi. Rata-rata nilainya mencapai 73, yang tergolong tinggi, dengan gaya belajar audiovisual yang paling menonjol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...