Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Model Discovery Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka

PS, Muktabar Annurul (Unknown)
Yerizon, Yerizon (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Model Discovery Learning sebagai inovasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Metode penelitian ini pendekatan pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, Hasil Penelitian ini adalah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pemahaman konseptual siswa secara mendalam. Sebagai sebuah inovasi, Discovery Learning juga mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada aspek kemandirian, kreativitas, dan kemampuan bernalar kritis. Namun, keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang terstruktur dan kontekstual serta memperhatikan karakteristik individual siswa. Oleh karena itu, implementasi model ini memerlukan perencanaan yang matang, dukungan lingkungan belajar yang kondusif, dan keterlibatan aktif seluruh elemen pendidikan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika secara optimal dalam kerangka Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...