Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Model Discovery Learning sebagai inovasi pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Metode penelitian ini pendekatan pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, Hasil Penelitian ini adalah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pemahaman konseptual siswa secara mendalam. Sebagai sebuah inovasi, Discovery Learning juga mendukung pencapaian Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada aspek kemandirian, kreativitas, dan kemampuan bernalar kritis. Namun, keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang terstruktur dan kontekstual serta memperhatikan karakteristik individual siswa. Oleh karena itu, implementasi model ini memerlukan perencanaan yang matang, dukungan lingkungan belajar yang kondusif, dan keterlibatan aktif seluruh elemen pendidikan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika secara optimal dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025