Pendidikan sains di sekolah dasar seringkali sulit untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ide-ide dan meningkatkan keinginan mereka untuk belajar. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media video animasi dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dari berbagai jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Dengan tampilan visual yang menarik, media ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak serta meningkatkan minat mereka dalam belajar.Kata kunci: Media Video Animasi, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar
Copyrights © 2025