JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol. 31 No. 1 (2025)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA MIND MAPING MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Zulfa, Laila (Unknown)
Pratiwi, Ika Ari (Unknown)
Rustanto, Muhammad (Unknown)
Karkantari, Juli (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Menulis merupakan aktivitas pengekspresian ide, gagasan, pikiran atau perasaan dalam lambang kebahasaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model project based learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SD 3 Wergu Wetan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 3 Wergu Wetan yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model project based learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan menulis teks prosedur diperoleh peningakatan setiap indikator kemampuan menulis meliputi (1) isi mengalami peningkatan sebanyak 20%, (2) struktur mengalami peningkatan sebanyak 10%, (3) ciri kebahasaan mengalami peningkatan sebanyak 14%, dan (4) kaidah penulisan mengalami peningkatan sebanyak 26%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...