FIKRAH
Vol 2 No 1 (2018): JUNI

KONSERVATISME DAN POLA PENDIDIKAN ISLAM DI MASYARAKAT KAMPUNG SALABENTAR JAMPANG KECAMATAN GUNUNG SINDUR

Hildayanti, Nur (Unknown)
Irfani, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini diawali oleh suatu masalah yang ditemukan di Desa jampang. Di Desa tersebut masih ada beberapa Rukun tetangga (RT) yang anti speaker,Televisi dan Radio. Bagi penulis hal tersebut menarik untuk diteliti lebih dalam, karena dijaman yang sudah modern ini tentu segala aktivitas pendidikan membutuhkan alat teknologi. Dalam penelitian ini dikatakan Konservatisme yang artinya suatu usaha untuk melestarikan apa yang ada, agar terpelihara keadaan pada suatu saat tertentu, dengan sedikit sekali perubahan dimasa yang akan datang. Mengenai pendidikan konservatif Sebagai pelestarian dan penelusuran pola-pola kemapanan sosial serta tradisi-tradisi. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas konservatisme dan pola pendidikan islam di masyarakat. Metode penulis ini menggunakan pendekatan kualitatif case study field research, bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit social, Individu, kelompok dan masyarakat. Konservatisme terhadap teknologi (radio, televisi, Sound dan speaker ) yang tidak digunakan di lingkungan masyarakat kampung salabentar seperti di masjid ataupun acara-acara lainnya justru tidak menarik minat menuntut ilmu masyarakat kampung salabentar terbukti dengan adanya kegiatan islami seperti pengajian, majelis ta’lim dan maulid jama’ah yang hadir kurang dari 20 orang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FIKRAH

Publisher

Subject

Education

Description

Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam published twice a year since 2012 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Islamic Education Department, Faculty of Islamic Studies, Ibn ...