FIKRAH
Vol 5 No 2 (2021): DESEMBER

MODEL KURIKULUM TAHFIDZ DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER MANDIRI DI PONDOK PESANTREN FATHAN MUBINA BOGOR

Yolandri, Dira (Unknown)
Lisnawati, Santi (Unknown)
Nawawi, Kholil (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Pondok pesantren sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang berada di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Pada prinsipnya, menghafal Al-Qur’an pada level budaya pesantren berpijak pada ajaran agama yang menyatakan bahwa menghafal dan mengajarkan Al-Qur’an adalah fadhu khifayah dengan tujuan agar tidak terputus jumlah kemutawatiran para penghafal Al-Qur’an. program menghafal Al-Qur’an telah masuk di Lembaga-lembaga Pendidikan formal, baik swasta maupun negeri. Oleh karena itu sekarang banyak ditemukan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam terpadu yang memiliki program unggulan Tahfidz Al-Qur’an. Dengan beragam dinamika dan tantangan yang dihadapi tiap satuan Pendidikan dalam menyelenggarakan program Tahfidz Al-Qur’annya, hal ini melahirkan beragam model, pola, dan sistem dalam pembinaan program Tahfidz Al-Qur’an yang diselenggarakannya. Program Tahfidz Al-Qur’an harus selalu diperbaharui, baik di dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya, terutama dalam hal metode pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan siswa (santri) saat ini agar pelaksanannya menjadi semakin efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengetahuan kurikulum Tahfidz dalam menumbuhkan karakter mandiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FIKRAH

Publisher

Subject

Education

Description

Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam published twice a year since 2012 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Islamic Education Department, Faculty of Islamic Studies, Ibn ...