JIKTEKS : Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Vol. 3 No. 02 (2025): April

Game Edukasi Pengenalan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Anggi Fani Saputra (Unknown)
Fatah Yasin Al Irsyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan keberlangsungan suatu negara. Namun, di SD Negeri 02 Suruh, metode pembelajaran yang masih menggunakan media buku menyebabkan siswa merasa jenuh, terutama dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang membahas penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan (herbivora, karnivora, dan omnivora). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi interaktif menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan software Construct 2, yang dirancang untuk siswa kelas 1 agar mereka dapat belajar melalui interaksi yang menyenangkan. Pengujian game dilakukan menggunakan metode blackbox testing dan System Usability Scale (SUS) dengan hasil skor 83,16 (kategori Excellent). Analisis Normalized Gain (N-Gain) menunjukkan rata-rata peningkatan pemahaman siswa sebesar 0,778 (kategori tinggi). Hasil ini menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi inovasi media pembelajaran di sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (JIKTEKS) mencakup berbagai bidang ilmu yang berhubungan dengan teori dasar, aplikasi praktis, inovasi teknologi, dan studi kasus yang relevan dengan perkembangan terbaru ilmu komputer serta aplikasi teknologi informasi. Berikut adalah beberapa bidang ...