Journal Innovation In Education
Vol. 3 No. 2 (2025): Journal Innovation in Education (INOVED)

Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 1 Tibawa

Uange, Charmila (Unknown)
Luneto, Buhari (Unknown)
Ngiode, Syafrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru serta mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan supervisi secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun ajaran, mencakup supervisi administrasi dan kelas. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah memberikan umpan balik dan tindak lanjut yang bertujuan meningkatkan kualitas profesional guru. Meski hasilnya positif, peningkatan profesionalisme baru terlihat pada sebagian guru. Beberapa hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan kemampuan guru dalam teknologi, kurangnya metode mengajar yang efektif, serta minimnya fasilitas. Untuk mengatasi hal ini, kepala sekolah melakukan berbagai upaya seperti memberi umpan balik langsung, mengadakan pertemuan ilmiah internal, mengikutsertakan guru dalam workshop dan kelompok kerja guru (KKG) guna menunjang peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

INOVED

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...