Journal Innovation In Education
Vol. 3 No. 2 (2025): Journal Innovation in Education (INOVED)

Etika Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring: Tantangan dan Strategi

Hamdan Basyir Penara (Unknown)
Putri Salsabila (Unknown)
Muhammad Khairil Azmi (Unknown)
Fachry Al Rasyid (Unknown)
Fadlan Khairi (Unknown)
Nabila Zantika Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran berani telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan modern, menawarkan transmisi dan aksesibilitas yang lebih luas dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Namun pembelajaran yang berani juga menimbulkan tantangan terkait etika akademik yang perlu diatasi untuk menjamin kualitas pembelajaran yang optimal. Tantangan ini meliputi plagiarisme, kondisi, dan kurangnya interaksi sosial yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Artikel ini membahas tentang pentingnya etika akademik dalam pembelajaran yang berani, tantangan yang dihadapi, dan strategi untuk meningkatkan keterlaksanaan etika akademik. Integrasi etika pendidikan dalam kurikulum, pelatihan etika digital dan akademik, serta penggunaan teknologi untuk meningkatkan interaksi sosial dan pengawasan merupakan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penerapan etika akademik dalam pembelajaran berani. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran dapat meningkat dan siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang sebenarnya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan berintegritas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

INOVED

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...