Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2025)

Optimalisasi Pengetahuan Generasi Alpha untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Transformasi Digital

Vera Dewi Susanti (Unknown)
Adinda Sih Pinasthi (Unknown)
Alrohma Nikma Tiasroza (Unknown)
Oktavia Furi Ramadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Generasi alpha muncul sebagai kekuatan yang digunakan untuk mendorong pertumbuhan di berbagai sektor salah satunya pada kemajuan pendidikan. Dalam proses penyusunan artikel ini, yang kami lakukan adalah dengan menggunakan metode kajian literatur atau tinjauan pustaka. Dari hasil kajian tersebut kami menuliskan hasil dan pembahasan mengenai karakteristik generasi alpha pada era digitalisasi bahwa generasi alpha cenderung memiliki ketergantungan yang besar terhadap dunia digital sehingga sulit untuk fokus pada suatu hal, pengetahuan dasar kualitas pendidikan era transformasi digital ini berisi tentang transformasi pendidikan di era digital dapat memunculkan paradigma baru dalam metode pembelajaran , aspek pengoptimalan pembentukan karakter generasi alpha sangat diperlukan untuk membangun etika yang baik, transformasi digital dalam konteks pendidikan dan tantangan tentunya dalam penerapannya terdapat pula tantangan yang dihadapi, serta diperlukan solusi dalam menghadapinya. pengoptimalan pengetahuan generasi alpha dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era transformasi digital sangat penting dilakukan guna memberikan edukasi agar generasi alpha nantinya dapat menggunakan dan memanfaatkan ilmu digital tersebut menjadi hal yang guna untuk kemajuan bangsa sesuai dengan visinya “Menuju Indonesia Emas 2045”. Generasi alpha, transformasi, pendidikan, era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKJIP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and ...