Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 4.B (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Pengaruh Quality Product, Quality Service Terhadap Loyalitas Konsumen, Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating

Aditya, Aji Rangga (Unknown)
Sumaryanto, Sumaryanto (Unknown)
Setyaningsih, Setyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tidak semua orang dapat top up ShopeePay, terutama pengguna aplikasi Shopee yang tinggal di desa. Beberapa respon pengguna yang lain menyebutkan bahwa sistem pembayaran ShopeePay sangat merepotkan sehingga mempengaruhi minat belanja konsumen. Guna menghadapi persaingan yang semakin ketat, salah satu strategi utama adalah meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quality produk, quality servis terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilakukan dengan menerapkan sebanyak 100 orang responden pengguna Shopee di wilayah Surakarta. Analisis data menerapkan analisis data kuantitatif yang meliputi uji analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Quality Product dan Quality Service berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pengguna shopee di Surakarta. Akan tetapi, Quality Service tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan Shopee sebagai variabel moderating pada pengguna Shopee di Surakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...