Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi modul ajar dalam Kurikulum Merdeka bagi anak usia dini. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang fleksibel, menyesuaikan dengan perkembangan anak, serta mengutamakan pengembangan karakter dan kemampuan dasar yang esensial. Modul ajar dirancang untuk memberikan kebebasan bagi guru dalam menentukan metode yang tepat sesuai kebutuhan individu anak. Dalam implementasinya, pendekatan yang digunakan meliputi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran berbasis permainan, dan eksplorasi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan bagi anak. Selain itu, anak dapat lebih berkembang dalam aspek kognitif, motorik, sosial-emosional, dan bahasa. Namun, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi pendidik agar dapat memaksimalkan potensi modul ajar ini, serta dukungan sarana yang memadai agar implementasi dapat berjalan optimal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025