Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 2.C (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Menggunakan Metode Bercerita Bergambar

Damaiyanti, Dona (Unknown)
Nisa, Khairun (Unknown)
Nirwana, Puspa (Unknown)
Adinata, Hasrudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas 6 SDN 227 Pelawan Jaya Tahun Pelajaran 2024/2025 melalui penggunaan media pias-pias kata. Masalah yang diidentifikasi adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca nyaring siswa setelah penerapan media pias-pias kata. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias dalam belajar, yang berkontribusi pada peningkatan hasil belajar mereka. Refleksi setelah setiap siklus memungkinkan peneliti untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian dalam metode pengajaran, sehingga hasil yang diperoleh semakin baik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pias-pias kata efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa, dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...