Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 13 No 2 (2025): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

THE IMPACT OF THE QUALITY OF DIGITAL SITES AND SERVICES ON E-TRUST AND E-COMMERCE CONSUMERS' REPURCHASE INTENTION IN PEKANBARU

Aprila, Bord Nandre (Unknown)
Gultom, Verina Saputri (Unknown)
Rahman, Sarli (Unknown)
Setyawan, Onny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

This study aims to examine and analyze the influence of website quality and e-service quality on e-trust and repurchase intention on e-commerce platforms in Pekanbaru City. The objects in this study were e-commerce consumers domiciled in Pekanbaru, with a total of 200 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with the help of SPSS software version 21.0 and SmartPLS version 4.1.0. The results of the study indicate that: (1) website quality does not have a significant influence on e-trust; (2) e-service quality has a positive and significant influence on e-trust; (3) website quality does not have a significant influence on repurchase intention; (4) e-service quality has a significant influence on repurchase intention; and (5) e-trust has a significant influence on repurchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas situs web serta kualitas layanan elektronik (e-service quality) terhadap kepercayaan elektronik (e-trust) dan niat pembelian ulang pada platform e-commerce di Kota Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce yang berdomisili di Pekanbaru, dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21.0 dan SmartPLS versi 4.1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas situs web tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap e-trust; (2) kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust; (3) kualitas situs web tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang; (4) kualitas layanan elektronik memberikan pengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang; dan (5) e-trust berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian ulang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...