Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi akademik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) FKIP Universitas Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 122 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur motivasi akademik, digunakan instrumen Academic Motivation Scale (AMS), sedangkan informasi mengenai IPK diperoleh dari data akademik mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rank, mengingat data yang diperoleh tidak mengikuti distribusi normal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara motivasi akademik dan IPK mahasiswa (r = -0,045, p = 0,621). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa motivasi akademik bukan merupakan faktor utama yang memengaruhi IPK mahasiswa. Faktor lain seperti strategi belajar, lingkungan akademik, dan keterlibatan non-akademik diduga turut memengaruhi pencapaian prestasi akademik.
Copyrights © 2025