Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Vol 1 No 1 (2025): Aptana: Jurnal Ilmu & Humaniora Vol. 01 No. 01 2025 Edisi Juli

PERENCANAAN ADMINISTRASI PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN

Athaillah, Khalyshah (Unknown)
Pasya, Sultan Akbar (Unknown)
Pratiwi, Vinni Dini (Unknown)
Khumairoh, Nanda (Unknown)
Manalu, Alwi Dian Sahputra (Unknown)
Nanda, Silvia (Unknown)
Arif, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam administrasi program pembelajaran dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa administrasi pembelajaran merupakan proses terorganisir dan sistematis yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai tantangan dalam pelaksanaan administrasi pembelajaran, seperti keterbatasan sumber daya, pemahaman yang kurang dari guru, keterbatasan teknologi, beban administratif yang tinggi, serta perubahan kebijakan pendidikan yang cepat. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi semua pihak terkait guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan ...