Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 2 (2025): At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam

Pemberian Penguatan Positif (Positif Reinforcement) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Anak

Ulfa, Fadillah (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Sepriyanti, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penguatan positif dalam meningkatkan motivasi anak dalam membaca dan menulis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan observasi langsung dan wawancara dengan guru serta orang tua sebagai sumber data utama. Data yang dikumpulkan memberikan gambaran tentang bagaimana penguatan positif, seperti pujian, hadiah sederhana, dan dukungan emosional yang konsisten, diterapkan untuk mendukung kemajuan belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan positif, termasuk pujian, hadiah sederhana, dan dukungan emosional yang konsisten, memainkan peran penting dalam meningkatkan minat dan motivasi anak untuk belajar. Anak-anak yang sebelumnya menunjukkan rasa percaya diri dan minat belajar yang rendah mengalami perubahan perilaku, menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam kegiatan membaca dan menulis. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan positif dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mampu mempertahankan motivasi anak dalam membaca dan menulis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...