DEDIKASI PKM
Vol. 6 No. 2 (2025): DEDIKASI PKM

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Yuliana, Ika (Unknown)
Widhi, Bidari Andaru (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Di era digital, media sosial menjadi sarana penting dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terutama bagi mahasiswa yang merintis usaha. Namun, banyak mahasiswa yang memiliki UMKM masih belum mampu memanfaatkan media sosial dalam melakukan promosi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pemasaran digital melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah peer mentoring dengan tahapan preparing, designing, implementing,dan evaluating. Fokus kegiatan mencakup promosi, interaksi konsumen, dan analisis pasar menggunakan Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi pemasaran digital serta antusiasme tinggi selama kegiatan. Meskipun dilaksanakan secara daring, efektivitas materi tetap terjaga.  Kegiatan ini telah menghasilkan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengelola UMKM secara profesional dan kompetitif di tengah perkembangan ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...