Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok (GI) dalam meningkatkan kolaborasi mahasiswa di perguruan tinggi. Melalui tinjauan pustaka yang komprehensif, penelitian ini menggali landasan teori dan penerapan praktis dari GI. Studi ini menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran kolaboratif dalam GI, termasuk komposisi kelompok, kepemimpinan, keterampilan komunikasi, kompleksitas tugas, dan dukungan dosen. Selanjutnya, jurnal ini membahas tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan GI dan mengusulkan solusi potensial untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan mengkaji literatur yang ada, studi ini berkontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang strategi pembelajaran kolaboratif yang efektif dan memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang ingin menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Pada penelitian ini, peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa mahasiswa yang ikut dalam penerapan model pembelajaran group investigation, yang kemudian data ini diperlukan sebagai data primer, sedangkan data sekunder di dapat dari artikel, buku, dan jurnal yang diterbitkan oleh orang lain.
Copyrights © 2025