Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

INTERAKSI BUDAYA DAN BAHASA DI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Zamhari , Ahmad (Unknown)
Oktary , Hera (Unknown)
Malinda, Malinda (Unknown)
Muvida, Laila Umul (Unknown)
Vitarika , Anggy (Unknown)
Dewi , Putri Nurmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Dalam konteks globalisasi yang semakin intensif, sekolah dasar telah menjelma menjadi cerminan miniatur masyarakat dunia. Keberagaman budaya dan bahasa yang semakin menonjol di lingkungan sekolah menghadirkan dinamika sosial yang kompleks. Interaksi antar siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda tidak hanya sekadar pertemuan, melainkan sebuah proses pertukaran nilai, norma, dan pengetahuan yang kaya. Sekolah dasar, sebagai institusi pendidikan pertama yang secara formal menaungi anak-anak, memiliki peran krusial dalam memfasilitasi interaksi budaya dan bahasa ini. Melalui interaksi dengan teman sebaya yang berbeda budaya, siswa dapat mengembangkan sikap toleransi, empati, dan rasa saling menghormati. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif. merupakan penelitian yang bersifat penjabaran dan condong memakai analisis. Penelitian kualitatif kerap kali menekankan sudut pandang subjek, proses dan arti dari penelitian tersebut dengan memakai dasar teori-teori sebagai seolah payung atau pembantu supaya relevan dengan kenyataan di situasi nyata. Selain itu, dasar teori digunakan sebagai deskripsi umum latar penelitian serta bahan penunjang isi penelitian (Cikka 2020). Interaksi antara bahasa dan budaya telah menjadi fokus utama dalam berbagai disiplin ilmu, terutama dalam bidang sosiolinguistik dan antropologi. Dalam konteks ini, bahasa tidak hanya dipahami sebagai alat komunikasi semata, tetapi juga sebagai cermin budaya yang mencerminkan nilai-nilai, norma, dan sejarah suatu komunitas. Konsep ini melandaskan pemahaman bahwa bahasa tidak hanya memengaruhi komunikasi interpersonal, tetapi juga memengaruhi cara individu dalam memandang dunia dan meresponsnya. Ini tercermin dalam Hypothesis Sapir-Whorf, yang menyatakan bahwa bahasa yang digunakan oleh seseorang memengaruhi cara berpikir dan persepsinya terhadap dunia.Berikut bentuk interaksi budaya dan bahasa yaitu Pengaruh Bahasa terhadap identitas budaya, Bahasa sebagai alat Resolusi konflik budaya, upaya Pelestarian Bahasa dan Budaya, Revitalisasi Bahasa melalui Pendidikan Formal dan Informal dan masih banyak bentuk-bentuk interaksi budaya dan bahasa di lingkungan sekolah siswa sekolah dasar lainya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...