Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi IPA kelas V serta tantangan yang dihadapi dalam menerapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPA di SD Dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) Evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas V merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025