Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA DI KELAS V SDN 28 BANDAR BARU

Yusniah, Yusniah (Unknown)
Aldyza, Nadia (Unknown)
Danil, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi IPA kelas V serta tantangan yang dihadapi dalam menerapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPA di SD Dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) Evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning dalam meningkatkan kemapuan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas V merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...