Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, pendidikan sangat penting. Ketika seseorang memiliki keterampilan berbicara maka mereka akan dapat menyampaikan apa yang mereka pikikan. Masih banyak siswa yang kesulitan ketika berbicara di depan kelas, hal ini juga peneliti temukan di UPTD SDN Kraton 1. Beberapa siswa masih kesulitan mengungkapkan pikirannya yang dikarenakan kurangnya percaya diri dan adanya perasaan takut salah, selain itu juga siswa masih menggunakan Bahasa daerah ketika berinteraksi dengan guru maupun sesama teman saat di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berbicara siswa kelas IV di UPTD SDN Kraton 1. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah dikarenakan faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi. faktor internal seperti penguasaan kosa kata, serta faktor eksternal seperti metode pengajaran dan dukungan dari keluarga dan lingkungan. Siswa sering merasa kurang percaya diri dan gugup saat berbicara. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, disarankan penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, motivasi dari guru, dan media pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Copyrights © 2025